cetakan Lontong Praktis

Sekarang membuat lontong tidak perlu repot, karena telah hadir cetakan lontong praktis ini

Cara membuat lontong daun pisang.
Bahan :
Daun pisang kepok atau klutuk yang tidak terlalu tua, lalu potong-potong sesuai dengan ukuran cetakan lontong yaitu sekitar 15 cm (lebih sedikit beberapa cm dr ukuran cetakan sebenarnya.
Beras yang berkualitas baik, rendam dalam air dingin selama 1 jam atau lebih.1 lembar daun pandan.Air panas dan dingin secukupnya

Cara membuat :
Ambil satu lembar daun pisang, bentuk menjadi menyerupai silinder/pipa dan masukkan kedalam cetakan, jangan lupa tutup dan kunci bagian bawah nya. Kenapa masih pakai daun pisang? Aroma daun pisangakan membuat lontong memiliki aroma lebih sedap dan wangi yang khas.
Isi silinder atau gulungan daun pisang yang sudah dibuat dengan beras yang sudah direndam dan tiris, dengan jumlah takaran setengah(1/2) gulungan. Tutup dan kunci bagian atas nya.
Masukkan bakal lontong kedalam panci dengan posisi berdiri. Tambahkan air dingin sampai bakal lontong terendam dengan air seluruhnya. Masukkan daun pandan.
Rebus dengan api sedang. Setelah 2 jam direbus, tambahkan air panas sampai lontong terendam kembali seluruhnya. Setelah matang, angkat lontong dan ditiriskan dengan posisi berdiri dan diangin-anginkan supaya dingin. Jika sudah agak dingin, keluarkan dari cetakan. Gampang kan? Dan lontong nya jadi seragam semua ukurannya. Cakep.

Berbahan alumunium. Panjang tabung 15 cm. Diameter 4 cm. Berat sebenarnya kurang dari 40gram. Cetakan juga bisa digunakan untuk membuat kue Lopis.

HARGA NORMAL : Rp. 145.000
HARGA PROMO : Rp. 98.000